Warung Tinggi Coffee

Indonesia sebagai penghasil kopi tentunya budaya ‘ngopi’ sudah lekat dengan masyarakat kita. Semakin sini makin banyak saja kedai-kedai yang menawarkan kopi lokal maupun internasional apalagi kota besar seperti Jakarta. Tapi ada salah satu kedai kopi yang bisa dikatakan tertua di Jakarta yaitu Warung Tinggi Coffee. Kedai ini dikelola secara turun temurun sejak dirintis pada tahun 1878. Cukup lama bukan?

Kedai kopi ini didirikan oleh Liauw Tek Soen yang pertama kali berjualan di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta. Pada tahun 1927, Warung Tinggi ini dibangun secara besar-besaran sehingga mulai terkenal dengan minuman kopinya. Selama ini hanya menjual satu jenis kopi saja, tetapi pada tahun 1938 mulai menambahkan jenis-jenis kopi lainnya yang secara langsung diracik oleh Liauw Thian Djie yang merupakan generasi ketiga dari pemilik warung ini.

Kopi pertama yang diraciknya ialah kopi luwak, kemudian Torabica (Rajabika), Arabica Spesial, Arabica Super dan Robusta. Saat ini Warung Tinggi Coffee kian dikenal dan mampu menembus pasar seperti supermarket, hotel dan perkantoran, kedai kopi ini juga ternyata meng-ekspor ke Jepang dan Amerika. Warung Tinggi ini tidak membuka kedai kopi karena kebanyakan para pembelinya membeli kopi dalam jumlah yang besar, sehingga untuk saat ini mereka tidak membuka kedai kopi yang besar. Karena itulah citarasa dan keasamannya yang pas membuat banyak orang yang mencarinya. Untuk kalian yang mencicipi wisata kuliner khususnya Coffee untuk menghangatkan badan bisa mencobanya ke daerah Hayam Wuruk, Jakarta Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *