Masakan Khas Djawa Koeno di Kedai Rakjat Djelata

Waktu adalah garis lurus yang kejam dan tidak akan pernah kembali lagi kepada siapapun yang meremehkan dan membuangnya. Kearifan akan waktu akan bisa kita rasakan dengan memanfaatkannya secara positif, disiplin dan produktif. Dalam hal ini saya sangat setuju pemanfaatan waktu dengan kegiatan penambahan gizi makanan serta mempelajari seluk beluknya makanan bergizi tempo doeloe cuma ada di Kedai Rakjat Djelata yang menyediakan masakan khas Jawa tempo dulu.

Pertama kali membaca nama kedai ini, pikiran saya langsung terbang ke masa lalu di karenakan penggunaan ejaan lama dalam tulisan ini. Terbayang menu-menu yang disajikan dengan kemasan vintage dan gaya bahasa komunikasinya pun pasti bergaya tempoe doeloe.

Memasuki kedai ini saya merasakan kembali ke masa lalu, setingan warung digarap serius untuk kembali ke masa lalu. Bisa dikatakan tidak banyak menggunakan unsur-unsur modernitas di warung ini, selain itu tulisan pada menunya pun bergaya lampau. Kedai Rakjat Djelata ini berlokasi di Jl. Dr. Sutomo, sebelah selatan persis jembatan layang Lempunyangan.  Sembari duduk dan menghela nafas saya melihat daftar menu yang berada di depan saya. Akhirnya jari telunjuk saya menentukan pilihan menu yaitu Roti Bakar Stroberi Keju dan Es Kembang Desa.

Menu Roti BakarStroberi Keju ala KRD ( Kedai Rakjat Delata ) memiliki ciri khas yang sangat berbeda dengan yang lain, yaitu berupa penggunaan gula jawa sebagai bahan utama pemanis di roti ini. Selain itu saya juga merasakan ada nuansa manis gurih roti bakar ini.  Untuk penambah nikmat lezat kuliner ini, saya memilih Es Kembang Desa dengan olahan kolang-kaling, gula batu, dan buah Sawo. Rasa tradisional es ini benar-benar mewakili dari konsep KRD yang mengacu pada jaman baheula.

Selain Es Kembang Desa, ada jenis minuman yang menari untuk dicoba yaitu, Es Dawet dan dan Teh Owoeh. Es Dawet di tempat ini menggunakan gula jawa atau mereka menyebutnya Gendhis Jawi dengan olahan tradisional yang begitu kuat. Teh Oewoehnya dicampur dengan secang, sere, gula batu dan rempah-rempah yang khas lokal membuat badan terasa hangat serta cespleng.

Untuk harga, menu-menu di Kedai Rakjat Djelata sebenarnya terbilang standar, yaitu berkisar Rp. 4.000 – Rp. 10.000 namun susah rasanya untuk memesan hanya sedikit. Maklum, menu-menu di kedai ini memang menggugah selera. KRD buka pukul 15.00 – 24.00 WIB. Review Kuliner.

Masakan Khas Djawa Koeno
Masakan Khas Djawa Koeno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *