Nasi Babi Guling Special Bu Oka

Bagi para Babivora seperti saya , apalah artinya pergi ke Bali tanpa makan Babi Guling atau yang terkenal juga dengan istilah londo “Suckling Pig“. Karena nya saat menyambangi daerah Ubud, saya  mampir ke Warung Babi Guling paling terkenal di Bali, Warung Babi Guling Bu Oka.

Warung Babi Guling Bu Oka yang kami datangi merupakan cabang terbaru nya di Ubud, karena berdasarkan pengalaman driver kami di Bali, warung asli nya terletak di dekat pasar sehingga sulit diakses menggunakan mobil serta tidak tersedia area parkir yang memadai. Sementara cabang Ubud yang baru ini memiliki area yang lebih lapang bergaya terbuka dengan ornamen-ornamen khas Bali serta plang “Babi Guling Bu Oka” yang khas. Kami sampai cukup pagi, sekitar pukul 11 dan para karyawan sedang bersiap-siap membuka tempat makan. walau begitu, mereka tetap sigap menyiapkan pesanan kami.

Nasi Babi Guling Special Rp 30.000,-

Nasi Babi Guling disajikan panas-panas dalam piring rotan beralas kertas nasi. Setangkup nasi putih hangat hadir bersama potongan daging babi yang dimasak dengan mengganti isi perutnya menggunakan bumbu-bumbu serta dipanggang sambil diguling-guling. Selain itu, sayur lawar khas Bali, potongan kulit babi yang renyah, darah babi yang digoreng kering seperti sosis, beberapa potong daging babi goreng serta sambal dan guyuran kuah yang dibuat dari aneka bumbu rempah khas Bali melengkapi menu makan siang kami yang ciamik ini. Daging babi guling nya enak dan lembut, bumbunya meresap, sedap disuap bersama nasi putih hangat dan sayur lawar. Kulitnya terlalu keras untuk saya, rasanya seperti memakan pecahan beling hehe…daging babi gorengnya juga enak, garing dan gurih di mulut. Menu ini rasanya komplit menghadirkan perpaduan aneka tekstur dan rasa dalam satu waktu sekaligus! Tetapi entah kenapa, saya pribadi lebih menyukai Nasi Babi Guling pinggir jalan yang pernah saya makan sebelumnya di daerah Kerobokan menurut saya rasanya lebih authentic dan penggunaan bumbu-bumbu rempahnya lebih cihuy, padahal harganya lebih murah. Mungkin karena Nasi Babi Guling Bu Oka rasanya sudah disesuaikan dengan lidah wisatawan asing sehingga bumbunya agak kurang greget di lidah Indonesia.

Untuk minumnya, saya memesan Teh Manis Hangat seharga Rp 5.000,- per gelas lalu memesan Jeruk Murni seharga Rp 20.000,- per gelas.  Walaupun rasanya masih kurang berkesan dibandingkan Nasi Babi Guling pinggir jalan di daerah Kerobokan, tapi pengalaman makan babi guling selalu menarik untuk saya, karena beda tempat makan biasanya beda komposisi pelengkap yang digunakan. Review Kuliner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *