Siomai Atong yang Super Pedas

Masih di sekitaran kawasan pecinan Teluk Gong, Saya ingin mengajak pecinta kuliner untuk mencoba sesuatu yang agak jarang dan cukup berbeda. Posisinya ada di Jl. K, Teluk Gong. Jakarta Utara. Jalan ini memang diramaikan segala jenis makanan, termasuk jajanan gerobakan.

Sederetan dengan Alfamart, tepatnya di depan sebuah rumah ada Siomai Babi Atong yang memang mangkal di sana. Jadi Siomai Babi ini bukan bergaya Dim Sum melainkan Siomai berbumbu kacang. Biasanya Siomai Babi model seperti ini merupakan Siomai khas etnis Chinese dari daerah Tangerang.

Seperti Siomai berbumbu kacang yang lainnya … let say, Siomai Bandung, Siomai Babi Atong ini menyediakan pilihan SiomaiTahuKentangKol dan Pare di sebuah panci bermotif loreng. Memang nggak ada motif lain apa ya, untuk panci yang digunakan pejual Siomai? hihi.

Yang membedakan ragam pilihannya hanyalah Siomai-nya yang mengandung babi.  Tersedia dalam variasi bentuk panjang dan pilihan Kulit Babi. Saya memilih Siomai bulat, Siomai panjang, Tahu, Kol, dan Kulit Babi. Tentunya masing-masing 1 pcs ya, karena ukuran Siomai dan pelengakap lainnya di sini termasuk besar. Untuk bumbu kacang, kita dapat memilih yang biasa atau yang pedas. Baca Juga Nasi Gandul Bu Endang, Kuliner Khas Pati di Jakarta.

Untuk rasa, Siomai bulat dan panjangnya sama-sama enak, teksturnya padat tapi tetap kenyal dengan rasa ikan tenggiri dan babinya. Sedangkan untuk Kulit Babi, berupa satu ikat tumpukan kulit yang baru akan dipotong-potong saat kita pesan. Tekstur Kulit Babi yang kenyal agak garing membuat sensasi unik tersendiri.

Siomai dan kawan-kawannya ini dilengkapi dengan bumbu kacang yang super pedas dan enak. Merah pada bumbu kacangnya nggak bohong nih. Kalau biasanya Siomai di tempat lain mungkin menggunakan cabe merah biasa, tapi kalau di Siomai Babi Atong menggunakan cabe rawit merah pada campuran bumbunya.

Wah, pedasnya mantaap! Apalagi si penjual kasih bumbunya cukup royal. Hanya saja kalau untuk akan lebih pas kalau taste bumbu kacangnya sendiri dibuat lebih manis. Walaupun sudah ditambahkan kecap manis yang lumayan banyak pada saat disajikan, tetap saja terasa kurang manis.

Untuk harga dipatok rata, semua item dihargai idr 4 ribu/pcs nya. Murah loh, mengingat ukurannya yang termasuk besar.

Info yang didapat dari si bapak penjual, Siomai Babi model gini  umumnya memang berasal dari daerah Tangerang. Tapi kalau yang asli Tangerang biasanya menggunakan labu.

Bagi Review Kuliner yang memang mengkonsumsi babi, dari pada bosan makan Siomai yang gitu-gitu aja, Siomai Babi Atong dapat menjadi alternatif pengganti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *