BAJIGUR MANIS DAN HANGAT

Resep Minuman Bajigur
Resep Minuman Bajigur

Resep minuman bajigur memang cocok disajikan pada saat musim hujan seperti sekarang ini. Dengan kondisi yang dingin dan basah, maka kita memerlukan minuman yang dapat menghangatkan tenggorokan kita. Selain hangat, manisnya rasa bajigur membuat kita kembali segar dan berenergi kembali.

Kurang lebih kita memerlukan waktu setengah jam untuk membuatnya. Diawali dengan menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, yaitu satu inci jahe segar iris dengan tipis, setengah sendok makan parut pala segar, satu batang kayu manis, satu inci serai yang dicincang, empat sendok makan kopi hitam bubuk, santan satu cangkir, dua sendok makan gula aren, setengah sendok teh garam, empat sendok makan daging kelapa muda, empat sendok makan buah kolang-kaling serta tiga gelas air. Setelah bahan-bahannya siap maka kita dapat lanjut menuju proses pembuatan.

Langkah pertama adalah panaskan jahe, pala, kayu manis, cengkeh dan serai dalam tiga gelas air. Lalu tunggu hingga mendidih, durasinya mungkin sekitar 10 menit. Kemudian matikan api, tambahkan kopi hitam bubuk dan biarkan selama beberapa menit. Setelah siap, maka saringlah terlebih dahulu remah-remah yang ada pada bahan minuman tersebut lalu tambahkan santan, gula aren dan garam. Didihkan kembali untuk mencampurkan bahan-bahan yang baru dimasukkan. Panaskan dengan api kecil saja kira-kira selama dua menit. Sebagai penyedap, tambahkan daging kelapa dan kolang-kaling agar minuman menjadi lebih nikmat lagi. Maka bajigur telah siap dihidangkan.

Mudah bukan membuat Resep minuman bajigur ini. Kita bisa membuatnya sewaktu-waktu di rumah tanpa harus menunggu penjualnya lewat depan rumah. Apalagi saat musim hujan seperti ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *