Nasi Gandul Nendang Khas Bu Endang

Kuliner yang ingin saya coba bukan tempat makan baru, mungkin sebagian pecinta kuliner khas Pati Jawa Tengah di Jakarta sudah pernah mencobanya. Nasi Gandul Bu Endang namanya dan lokasinya berada di jalan Pesanggrahan Kebon Jeruk Jakarta Barat.

Tempat makan ini cukup sederhana, tanpa pendingin ruangan tapi walau sederhana, tempat ini sudah cukup terkenal. Nasi Gandul Bu Endang tentu tidak hanya menyediakan menu nasi gandul, tetapi menunya cukup bervariasi mulai dari Nasi Gandul, Mangut, Garang Asam, Asem-Asem Daging dan lain-lain.

Siang ini saya pesan dua menu, pertama nasi gandul dan yang kedua mangut. Untuk nasi gandul Anda bisa memesan dengan nasi terpisah atau nasinya dicampu. Untuk isi Anda bisa pesan daging saja atau campur dengan jeroan. Saya pesan nasi di campur dan berisi daging saja.

Nasi Gandul Khas Pati Bu Endang
Nasi Gandul Khas Pati Bu Endang

Di namakan nasi gandul karena dulu-nya si penjual masakan ini membawa barang dagangannya dengan cara dipanggul dengan mengunakan bambu yang di ujung bambu itu diikatkan kuali tempat kuah pada satu sisi dan bakul isi nasi diikatkan pada sisi yang lain, sehingga saat penjual masakan ini berjalan memanggul bambu ini dengan pundaknya untuk menjajakan masakannya, kedua sisi bambu ini bergantungan bakul nasi dan kuali kuah secara menggantung (gandul).

Pada awalnya penjual nasi gandul ini berasal dari desa Gajahmati di Pati, karena itu kadang Anda bisa menjumpai kata-kata pada spanduk penjual “Nasi Gandul Gajah Mati”. Pada perkembangannya banyak ditemui penjual nasi gandul yang tidak berasal dari desa Gajahmati tetap tetap untuk menuliskan kata desa Gajahmati pada spanduk tempat makan mereka, karena sudah sangat populer.

Nasi gandul bu Endang menurut saya enak banget, dagingnya empuk, kuahnya lezat dan terasa sedikit manis, karena disajikan masih panas jadi menambah nikmat menu ini. Untuk tambahannya di meja sudah di sediakan tempe goreng, ini juga enak dan saya suka banget, gurih dan sedikit asin. Sampai-sampai saya menghabiskan tiga potong tempe.

Menu terakhir adalah menu mangut, kalau di yogyakarta terkenal sekali mangut lele, nah di bu Endang juga ada menu mangut, tapi disini berbeda, dengan kuah kuning dengan isi ikan pe, ikan yang langsung di datangkan dari daerah pantura, jadi kalau pas tidak ada ikan ini, bu Endang juga tidak berjualan menu mangut ini. Mangut ini berisi potongan tahu, tempe, ikan, sedangkan kuah nya mirip kuah gule dan agak pedas.

Jadi kalau Anda mau mencicipi nasi gandul khas Bu Endang, langsung saja datang ke daerah Pesanggrahan ini. Review Kuliner.

Nasi Gandul Bu Endang
Jl. Pesanggrahan No. 14
Kebon Jeruk – Jakarta Barat
Telp: 021-98122189
HP: 081315782678
Buka Jam : 08.30 – 22.00

Nasi Gandul Campur Rp. 19.000,-
Nasi Gandul Pisah Rp. 22.000,-
Tempe Goreng Rp. 2.000,-
Mangut Rp. 15.000,-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *