Sate Klatak

Salah satu wisata makanan yang dimiliki masyarakat indonesia adalah sate. Di indonesia sendiri memiliki berbagai macam ciri khas sate yang berbeda-beda seperti halnya sate kambing, sate ayam, sate padang, sate kepiting dan juga sate ayam khas madura. Dari sekian banyaknya sate tersebut, ada beberapa sate yang sangat unik dan tersedia di kota jogjakarta. Yaitu sate klatak. Jika sate-sate pada umumnya dimasak dengan menggunakan berbagai macam bumbu, maka sate ini hanya diberikan bumbu-bumu garam dan langsung dipanggang dengan menggunakan jeruji besi, ya sate ini kelihatannya sangat sederhana akan tetapi kenyataanya sate ini menjadi incaran dari berbagai wisatawan diseluruh indonesia. Sate ini awalnya sate satu-satunya yang menyediakan sate klatak di jogja disekitaran pasar jejeran. Berawal dari masyarakat sekitaran jejeran banyak yang memelihara kambing sampai pada akhirnya masyarakat menemukan idek untuk membuat sebuah sate berbahan dasar kambing, akan tetapi perkembangan nya sekarang ada juga sate klatak dengan menggunakan bahan dasar ayam, usaha sate ayam dan sate ayam klatak ini biasanya diwariskan secara turun temurun dan terus berlanjut diteruskan ke generasi berikutnya.

Untuk bisa menampung para penggemar sate klatak yang semakin hari semakin bertambah maka dengan itu telah banyak warga jejeran yang membuka sate klatak disekitaran pasaran jejeran dan juga disekitar jalanan pasar jejeran. Awal mula penamaan sate ini,menurut cerita yang beredar di masyarakat yang berasal dari bunyi daging yagn sedang dibakar, dikarenakan daging yang sebelumnya dibakar ditaburi dengan garam dan waktu pembakarannya mengeluarkan bunyi yang cukup unik (kemretek).

Sate Klatak di jogja ini biasa disajikan dengan sebuah irisan mentimun, tomat dan juga kol. Tusuk sate yagn dipergunakan pun cukup unik yang itu menggunakan jeruji besi yang sehingga daging dari sate tersebut bisa matang dengan lebih sempurna didalamnya. Kamu bisa menemui sate Klatak ini di pasar jejeran, kecamatan pleret bantul. Untuk bisa mengakses nya tentu saja sangat mudah. Dari terminal Giwangan menuju ke bagian selatan menyusuri  jalanan imogiri timur dan juga sampailah kamu ditemapt perempatan pasar jejeran yang menjual banyak sate klatak baik sate kambingnya atau sate ayamnya, biasanya para tukang sate ini mulai buka jam 18.30 sampai kepada larut malam, biasanya mereka tidak bisa berjualan pada siang hari dikarenakan tempat tersebut biasa dipergunakan untuk para pedagang pasar. Dengan begitu untuk bisa berjualan sate tersebut harus menunggu pedagang pasar jejeran pulang.

Akan tetapi jika kamu tidak sabar untuk menunggu sampai malam, kamu dapat mencari disekitaran warung sate yang buka sepanjang jalanan pasar jejeran. Dikarenakan beebrapa dari warung tersebut yang buka dari mulai pagi hari sampai dengan malam hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *