3 Kuliner Khas Banyumas Paling Populer

Siapa yang tidak menyukai kuliner? Anda sudah tentu akan menyukai hal ini apapun alasannya. Kuliner merupakan hal yang sangat banyak digemari oleh berbagai kalangan. Menariknya lagi kuliner ini cukup banyak variasinya dan semakin lama semakin unik serta menarik. Bagi Anda pecinta kuliner sudah berapa banyakah kuliner nusantara yang pernah dicoba? Jika Anda memang pecinta kuliner nusantara, pastinya Anda pernah menjajal kuliner dari daerah yang terkenal dengan tanah ngapak-Banyumas. Berikut kuliner khas Banyumas yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Banyumas, antara lain :

1. Mendoan

Makanan yang satu ini hanya ada di wilayah Banyumas dengan sangat khas dan rasanya tidak akan pernah membuat Anda lupa dengan makanan ini. Mendoan yang terbuat dari tempe dengan diberi tepung kemudian digoreng. Cara menggorengnya juga harus tidak boleh sampai kering sekali. Sebab kalau sampai kering namanya akan berubah, bukan lagi mendoan. Sehingga mendoan merupakan tempe goreng tepung yang masih lembek dan lembut. Selain itu, mendoan juga ditambah dengan irisan daun bawang yang dicampur dalam tepungnya. Rasanya sangat nikmat bila dimakan dalam kondisi hangat. Mendoan cocok untuk dihidangkan sebagai cemilan atau sebagai lauk untuk makan. Anda perlu mencobanya karena mendoan ini sangat nikmat dan lezat.

2. Getuk Goreng Sokaraja

Makanan khas yang selanjutnya adalah getuk goreng asal Sokaraja. Jika Anda berkunjung ke daerah Sokaraja Anda akan melihat berjejer toko getuk goreng yang menjualnya sebagai makanan untuk oleh-oleh. Getuk ini juga kadang dijual di daerah lain di luar Banyumas. Makanan khas ini terbuat dari singkong rebus yang ditumbuk dengan gula, kemudian hasil tumbukan ini digoreng. Getuk goreng ini rasanya nikmat dan manis, cocok untuk menjadi oleh-oleh dalam perjalanan Anda.

3. Combro

Nama makanannya cukup unik dan sesuai dengan namanya, makanan ini juga unik dan bisa membuat Anda ketagihan untuk mengkonsumsinya. Combro terbuat dari bahan singkong yang diparut dan dicampur dengan sedikit ampas. Dalam pembuatannya dicetak bulat-bulat kemudian diberi isian biasanya sambal tempe yang pedas. Kemudian digoreng, dan akan lebih nikmat dimakan saat masih hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *