Kuliner Khas Kediri yang Wajib Anda Coba

Kuliner Khas Kediri – Kediri yang merupakan salah satu kota terbesar di Jawa Timur setelah Malang dan Surabaya ini memiki kekayaan destinasi wisatanya yang indah. Seperti wisata Gunung Kelud yang sangat ramai di kunjungi para wisatawan. Tak hanya itu, kota ini memiliki persimpangan yang bisa dianggap unik karena memiliki 5 persimpangan yang dinamakan Simpang Lima Gumul. Bisa dibilang jika monumen ini merupakan Parisnya Jawa Timur karena mirip dengan Monumen L’Archde Triomphe di Paris. Kini, Kediri juga terkenal dengan kuliner khas kediri yang wajib anda coba. Diantaranya sebagai berikut :

  1. Nasi pecel tumpang

Nasi pecel memanglah banyak sekali ditemukan di Indonesia. Nasi pecel khas dari beberapa daerah juga memiliki andalan rasa yang khas, seperti contoh nasi pecel tumpang ini. Nasi pecel ini biasanya disajikan diatas pincuk yang terbuat dari daun pisang. Apalagi jika menikmatinya selagi masih hangat yang ditemani sayuran dan lauk pauknya membuat kuliner pecel ini terasa nikmat dan wajib anda coba. Sayuran yang ada dalam nasi pecel ini diantaranya daun pepaya, daun kenikir, daun ketela, kacang panjang, dan tauge. Lauknya berisi tempe, perkedel singkong, tahu goreng kemudian disiram dengan sambal tumpang yang memiliki rasa khas pedas, asin, manis, dan gurih. Lebih lezat lagi jika dinikmati dengan peyek.

  1. Sate emprit

Sate ini menggunakan burung emprit sebagai bahan utamanya yang menjadikannya unik dan berbeda dengan sate lain yang lain yang umumnya menggunakan daging sapi, kambing, ataupun ayam. Bumbunya juga sama seperti sate pada umumnya, tapi daging emprit ini sebelum dibakar diberi air campuran asam, gula merah, dan bawang putih agar rasanya lebih lezat. Lebih nikmat lagi  jika makanan ini disajikan dengan ditemani nasi putih dan aneka lalapan sekaligus irisan bawang merah.

  1. Soto kediri

Salah satu kuliner kediri yang wajib anda coba selanjutnya adalah soto kediri ini. Soto ini berbahan dasar ayam yang dipadukan dengan bumbunya yang khas, gurih, sedap, bahkan nikmat. Dan yang membuat soto ini berbeda dengan yang lainnya ialah kuahnya yang dicampuri dengan santan yang membuat rasanya semakin gurih

  1. Sate bekicot

Sate ini menggunakan bekicot sebagai bahan utamanya. Kuliner ini juga terbilang cukup unik dan berbeda dari biasanya. Bekicot juga dibilang memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan baik bagi kesehatan.

Demikian kuliner unik khas Kediri yang bisa penulis bagikan. Jangan lupa mampir untuk menikmati makanan khas daerah ini ketika anda sedang berada di kota Kediri. Makanan khas Kediri memiliki ciri unik yang membedakannya dengan makanan lainnya. Tak heran, jika makanan di Kota ini banyak sekali penggemarnya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terima kasih dan sampai jumpa.

Sumber : https://www.royco.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *